Contoh aplikasi perpustakaan berbasis GUI Java

pada kali ini admin akan membagikan tentang contoh aplikasi sistem informasi perpustakaan dimana aplikasi ini didalamnya sudah ada database menggunakan Mysql.System perpustakaan ini adalah aplikasi java sederhana berbasis graphical user interface (GUI).
 Component yang banyak saya gunakan adalah swing. Aplikasi ini sudah menggunakan konsep MVC dimana class untuk model, view dan controller terpisah. Tujuannya adalah selain memudahkan dalam proses pengembangan dan maintenance, juga agar class yang sudah saya buat didalamnya bisa saya gunakan lagi untuk project yang lain(re-useable).
System sederhana ini saya buat dengan IDE Netbeans versi 6.9.1 dan databse Mysql. Untuk Report saya desain dengan menggunakan jasper report versi 4.0.0. Saya tidak menggunakan frame work apapun seperti hibernate, spring, Struts atau lainnya. Jadi murni hanya menggunakan java sql untuk akses databasenya.


Awalnya saya hanya ingin membuat yang sangat sederhana, tapi setelah setengah jalan, saya pikir akan lebih baik jika dilengkapi dengan fitur-fitur seperti aplikasi pada umunya. Karena itu system ini saya lengkapi dengan rule, hak akses bagi user, report, download dan fasilitas print. Hak akses user maskudnya user akan mempunyai fitur berbeda ketika mengakses system sesuai dengan hak akses yang diberikan oleh admin.
Bagi anda yang ingin belajar atau sekedar sebagai bahan referensi, silahkan download pada link dibawah. Saat pertama anda buka dengan netbeans, pasti akan terjadi error. Itu karena library pada netbeans saya tentu berbeda dengan library netbeans anda. Untuk mengatasinya copy kan file – filr jar yang tidak terload pada project ke folder di c:\program files\netbeans\java\modules\ext\jasperreport dari folder dist pad project. Kalau belum ada folder jasperreport anda bisa buat sendiri. Setelah itu buat library baru dengan nama JasperReport dan tambahkan seluruh file jar yang dicopy tadi kedalam library baru tersebut.
Jangan lupa jalankan sqldump pada file sql dalam folder database untuk menggenerate seluruh table, view dan procedure yang akan digunakan pada project. Setting username dan password mysql sesuai dengan settingan pada mysql server anda. Defaultnya usernamenya adalah root dan passsword kosong. Hati-hati jika menggunakan user selain root, pastikan user anda bisa mengakses routine procedure, kalau tidak maka aplikasi ini tidak bisa menampilkan data. Setelah itu project bisa langsung dijalankan.


sekian pembahaan tentang aplikasi ini semoga bermanfaat buat kalian yang sedang mencari referensi tugas kuliah kalian dan salam enginering 
Download source System Perpustakaan disini


sumber :muhammadnur.net

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh aplikasi perpustakaan berbasis GUI Java"

Post a Comment